Best Students Cost-Friendly Foods

By Zara - April 17, 2019


大家好!

Halo semua, kembali dengan post yang aku excited banget nulisnya buat kalian semua! Tentang Makanan! Ini bisa jadi referensi buat kalian yang mau dateng kesini, terutama Dalian, both for study or on budget travel. Especially buat yang Muslim, makanan ini sudah terjamin "Pork Free".


Tapi sebelum menuju ke makanannya, kira-kira budget sekali makan di Dalian itu berapa sih? Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa Dalian termasuk di jajaran kota dengan living expenses termahal di China. Jadi untuk yang beasiswa, haru pintar2 mengatur keuangan kalian. Kalau di tanya apa beasiswa yang di berikan bisa menutupi kebutuhan pengeluaran? Bisa banget!! Jangan khawatir, bahkan masih ada sisa uang buat belanja, jalan-jalan, dan nabung di luar pengeluaran pokok. Rasanya gak perlu banget minta uang jajan tambahan dari orang tua, kecuali kalau kalian memang butuh pengeluaran "ekstra". Makan disini itu kalau di rata-rata sekitar 15 - 20元 atau sekitar Rp. 30,000 - 40,000. Yang di bawah 15元 ada, tapi 15 ini harga rata-rata aja. (Ini yang hemat-hemat club ya guys, yang jauh lebih mahal banyak). 

Disini, aku akan memperkenalkan top 4 pilihan makanan halal nan murah-ku disini. Yang pasti yang aku sebutkan nanti sudah terbukti dari rasa, porsi, harga, dan Insyaallah halal-nya.

1. Kantin Kampus


Pertama dan utama saat pertama kali kalian menginjakan kaki disini tempat makan pertama yang wajib banget di singgahi adalah kantin sekolah. Selama pengalamnaku dua kali bersanding ke China setiap universitas biasanya punya section tersendiri untuk makanan halal. Selain karena banyaknya mahasiswa asing yang datang, hadirnya kantin halal ini sendiri di karenakan mahasiswa lokal yang muslim sendiri jumlahnya tidak sedikit di kampus. Bentuknya prasmanan, biasanya ada simbol halalnya bertuliskan "清真". Kamu bisa memilih sesuka hati yang mau kamu masukin ke dalam piring kamu dan porsinya juga banyak. Biasa harganya dengan 2 lauk dan 1 daging (ayam/ sapi/ ikan) harganya mulai dari 11-13 元. 

2. Restoran Muslim 兰州拉面 (Lanzhou Lamian)


Kedua, restoran muslim "兰州拉面" ini selalu ada di setiap kota dengan nama yang sama. Yang punya restoran ini biasa satu keluarga dan berasal dari Provinsi Xinjiang dimana sebagian besar penduduknya beragama Islam. Karena arti nama dari restoran ini adalah "Lanzhou Noodles", jadi menu utama dari restoran ini adalah homemade mie-nya. Ciri khas makanannya ada di bumbunya yang berbeda dengan makanan China biasanya, rasa rempah dan kaldu sapinya lebih kuat. 1 porsi makanan di restoran ini cukup untuk porsi 2 orang Indonesia. Harganya dimulai dari 12 元 untuk 1 porsi Beef noodle-nya. 

3. Restoran Muslim Shawarma


Ketiga, Restoran Shawarma yang kalau kalian tinggal di Dalian ada di daerah Heishijiao. Restoran ini yang punya juga orang muslim lokal. Sesuai dengan namanya, makanan yang dijual lebih cenderung ke makanan Turki dan Timur-Tengah. Daging yang di pakai hanya daging ayam, karenanya harga jauh lebih terjangkau di bandingkan restorang-restoran kebab lainnya. Menu yang tersedia antara lain Shawarma, Baked Rice, dan Grilled Chicken. Harganya mulai dari 12 元 untuk Chicken Shawarma dan 14 元 untuk varian dengan nasinya. Untuk pecinta pedas, bisa minta level pedas khusus orang Indonesia disini, karena pelanggan Indonesianya (termasuk aku) suka minta tambah bubuk cabai berlebihan. Lol.


4. Liang Pi (凉皮)


Terakhir, Liangpi ini merupakan makanan yang berasal Provinsi Shaanxi tepatnya kota Xian, dimana Xian juga merupakan kota dengan banyak penduduk muslim disana. Makanan ini sendiri biasanya dihidangkan dingin dengan sayuran dan bumbu kacang. Mirip gado-gado, tapi bedanya dirasa bumbu kacangnya. Kalau bumbu liangpi ada rasa asam, asin, pedas, dan gurih-nya bersamaan sedang gado-gado lebih didominasi rasa kacang dan senderung sedikit manis. Harganya murah meriah, 1 porsi Liangpi lengkap dengan salad buahnya dipatok sebesar 14 元 saja. 

Sejujurnya, ada lebih banyak lagi makanan yang udah aku coba. Next, aku akan memperkenalkan beberapa street food terlaris di Dalian. Untuk keempat makan di atas nomor 1, 2, dan 3 restorannya sendiri memiliki sertifikat halal, sedang untuk nomor 4 makanannya sendiri terkadang di jual di restoran tanpa label halal. Tapi komposisi makanannya yang non-daging sendiri dan proses pembuatannya jauh tersentuh dari hal-hal yang berbau "babi". Memang untuk kalian yang memiliki banyak pertimbangan dan lebih ketat soal kriteria halal/ haram, lebih baik datang ke restoran yang memiliki label halal yang jelas atau vegetarian. 

That's all guys, See you on my next post!!!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments