25

25 Things I've Learned

By Zara - May 27, 2018


ๅคงๅฎถๅฅฝ!


Hi friends! Masih dengan tema 25 nih. Aku mau share 25 hal yang aku pelajari selama 25 tahun ini. Gak semua dari list ini aku pelajari sendiri atau dari pengalaman sendiri, justru lebih banyak belajar dari pengalaman orang lain yang aku lihat. Beberapa aku juga ambil dari nasehat temen-temenku ke aku. Memang gak semuanya selalu terpraktekan, manusia gak ada yang sempurna, tapi seenggaknya tetap keinget di otak kok!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜



Without further do, let's hit on the list:

1. Your friends' circle will get smaller as you get older
   Yup, this totally right! Kerasa banget saat kamu butuh seseorang untuk di ajak ngobrol, hanya ada beberapa orang yang bisa kamu hubungi dari ribuan kontak di handphone kamu. Seberapapun usaha kamu untuk tetap menghangatkan hubungan itu, you can't keep someone by your side forever! Semua orang beranjak dewasa dan melanjutkan kehidupan mereka. Semakin lama, mereka akan lebih fokus terhadap diri mereka sendiri dan kehidupan mereka. Belum lagi lingkungan baru dan bertemu orang baru juga akan mempengaruhi pola pikir yang mungkin akan berbeda jauh dengan pola pikir kita sekarang. Prioritas baru dan tujuan hidup baru juga mempengaruhi, tapi bukan berarti hubungan memburuk. Kalian akan saling bertukar senyum dan tawa saat bertemu hanya sekedar formalitas, karena kalian tahu kalau kalian sudah tidak ada di hidup mereka. Tapi beberapa orang akan STAY dan tinggal di sisimu, orang-orang inilah yang harus kamu fokus untuk jaga. Karena mereka menjadikanmu prioritas sama seperti kamu memprioritaskan mereka.

2. Your parents 'do' love๐Ÿ’— you
   Kalau kalian termasuk remaja dengan serangan pubertas yang ekstrim, kalian akan menemukan diri kalian being a 'hot blood' a lot dan sering beradu argumen dengan orang tua kalian. Terus banyak banget yang ujungnya merasa tidak adil dan menangis semalam di pojokan kamar (curhat, bu?). Tapi semakin beranjak dewasa, semakin kamu akan mengerti kenapa orang tua begitu keras membesarkan kita. Bukan berarti pertengkaran kalian dengan orang tua 100% kesalahan kalian, sometimes parents make mistakes, tapi itu semua atas dasar rasa sayang. #kangenrumah

3. Don't compare your life with others
   Peribahasa 'rumput tentangga lebih hijau' itu memang benar adanya. Tapi bukannya rumput sendiri tidak hijau. Bisa jadi rumput kita lebih hijau tapi karena kita selalu memandangi rumput tetangga jadi gak kelihatan hijaunya rumput kita. Iya gak? Mungkin kalian melihat hidup teman lebih enak tapi kalian belum tentu akan bahagia menjadi mereka.

4. Bersyukur and don't look down on yourself
    Masih nyambung dengan point sebelumnya. Ya, jangan minder sama diri sendiri. Jujur, ini totally a reminder for myself. Ini aku sering banget di bilang begini sama temen aku "Kamu gak tau kalau sebenarnya di belakang banyak banget orang yang cerita ke aku, mereka pengen kayak kamu. Makanya kamu bersyukur, mungkin rejeki kamu adanya di sekolah dulu".

5. What goes around comes back around
    Karma itu sungguh ada teman-teman. Aku sudah melihat banyak. Entah datangnya cepat atau datangnya lambat, tapi pasti akan datang juga. Jadi, kalau gak bisa berbuat baik sama orang mending diem aja, jangan ampe kita berbuat jahat sama orang lain. Dan kalau kita di jahatin sama orang lain, jangan keburu panas. Tuhan tidak tidur, guys.

6. Everyone has their own problem, so be nice ๐Ÿ˜‰
 
7. Don't ask people to understand you, sometimes you are the one who needs to understand others first

8. Vanilla ice cream is the best redemption


9. You will not stay in one condition forever
    Life has its ups and downs. People also will come and go from your life.

10. You will show different attitude to a different person
    Kamu akan belajar membaca kepribadian orang lain dan memutuskan untuk memperlihatkan sikap yang lebih 'tolerate' di hadapan mereka.

11. Mengalah bukan berarti kalah
    Mundur demi menghindari konflik tidak penting akan membuat hidupmu jauh lebih tenang. Kamu akan menjadi pihak yang lebih bijak.

12. Don't take yourself too seriously
    Hidup sudah berat guys, apalagi badan (lol). Kadang sedikit kegilaan di perlukan biar kamu tidak stress, biar tekanan darah tidak tinggi, biar hati tidak sesak. Berdamailah dengan diri sendiri dan cobalah menerima apa adanya diri kamu. Manusia tidak ada yang sempurna. Tidak apa membuat sedikit kesalahan, yang penting kita belajar darinya.

13. Don't leave a problem being unsolved
    Terutama jika masalahnya menyangkut orang lain. Meski bukan kita yang salah, tapi membuka diskusi terlebih dulu pun tidak ada salahnya dengan mindset ingin menyelesaikan masalah tentunya. Apalagi kalau kita yang berbuat salah, minta maaflah, we won't know how big the damage we cause to that person. #bukancurhat

14. Learn how to save
   Harus belajar untuk tidak langsung menghabiskan uang yang kamu punya saat itu juga. Coba menabung, mencari uang itu tidak gampang. Walaupun sedikit yang penting konsisten. Lebih penting lagi jangan sampai lebih besar pengeluaran daripada pemasukan, terutama untuk anak-anak rantau seperti aku ini.

15. Don't keep your problem to yourself, sometimes you need to share
      Meski tidak menjamin akan memberikan solusi untuk masalah, setidaknya ini akan sedikit meringankan beban di kepalamu. Tidak perlu cerita pada banyak orang, satu saja sudah cukup asal dia terpercaya. Jika tidak ada orang untuk berbicara, selalu ada orang tua sebagai rumah kalian.


16. Hati yang sehat akan membuat tubuhmu sehat juga
     Stress atau pikiran yang berlebih akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh kamu. Bisa lari ke jerawat seperti yang aku sendiri pernah rasain, atau ke magh, sakit kepala berlebih, bahkan jantung. Jadi kalau bisa sering-sering nyempetin waktu buat refreshing, ilangin beban di dada sejenak. Karena memang beberapa orang terlahir dengan sifat pemikir juga suka susah melakukan hal ini.

17. Living healthy is important
     Di umur segini udah mulai banyak keluhan muncul di tubuh dan di saat ini kalian akan mulai cut makanan 'kotor' dari hidup kalian dan mencoba memakan makanan yang lebih sehat.

18. Sort your priorities

19. Don't be a fool when you're in love
     I'm totally meticulous in term of love, because I've seen people gone crazy and stupid because of it. Girls, kalian jauh lebih berharga dari itu semua. Try to put more dignity and value di diri kalian sendiri. Aku paling sedih kalau lihat orang jatuh setelah di campakan karena mereka berkorban banyak. Ini yang alm. nenek dan ibu aku suka pesen "Kalau cuma pacar, jangan tunjukan cinta kalian berlebih karena kalian akan diremehkan. Kalau suami, tunjukanlah cinta dan hormat kalian sebesar-besarnya karena ia akan menghargai kalian dengan sama"

20. Don't trust people easily
     Kita gak tau di balik punggungnya ada madu atau belati.

21. Don't try to fit yourself into something you don't really like
     Kalian punya hak untuk dihargai sebagai 'kalian'.

22. Eliminate people who give you negative feelings
   Jika dia membuat harga dirimu jatuh, memberikanmu sikap yang pesimis dan komentar yang merendahkan, and if he/she makes you feel small, segeralah ambil jarak dari orang itu.

23. Go travelling!
    Kalau punya waktu dan kesempatan, mainlah yang jauh. Ini akan membuat pikiranmu lebih terbuka karena menemukan lingkungan baru dan bertemu orang baru.

24. Tuhan akan memberikan apa yang kalian mau jika kalian memintanya dengan tulus
    Tapi kalau tak kunjung di kabulkan percayalah bahwa Tuhan tau apa yang terbaik buat kamu, bahwa ada alasan di balik apa yang terjadi dalam hidupmu.

25. Jodoh akan datang di waktu yang tepat


Yup! Itulah tadi 25 hal yang sudah aku pelajari dalam 25 tahun hidupku ini. It's a real list I made myself. So gimana? Apa kalian menemukan hal sama denganku? Write things you wanted to add in the comment, I'd really appreciate it.

XOXO

Zara๐Ÿ’œ


  • Share:

You Might Also Like

0 comments