Cushion for Sensitive Skin?

By Zara - January 09, 2019


Hi teman-teman! It's me again yang mencoba lebih produktif di tahun 2019! Hehehe. Artikel kali ini, aku mau share sama kalian tentang perjalananku mencari Cushion tercocok hingga kini! I'm not a prefessional beauty reviewer, and I'm not trying claiming to be one. Tapi, memang sedari dulu aku udah berkecimpung (?) di dunia per-skin care-an dan per-makeup-an. Kalau yang secara personal kenal pasti tau kisahku dalam memahami kondisi kulitku yang panjang, karena jerawat dan kondisi kulit yang memang sensitif. Dari 2010-2016 akhirnya masalah itu hilang (Alhamdulillah). Sangking sudah lama bereksperimen di beauty world  ini, banyak temen-temen yang mendorong aku untuk rilis artikel tentang produk-produk yang pernah kucoba. Untuk itu, yang pertama akan aku tulis ada tetang pengalamanku memakai beberapa produk Cushion hingga menemukan 2 terbaik yang jadi barang wajib sekarang ini. Untuk yang punya kulit sensitif boleh disimak semoga memberi sedikit tambahan informasi untuk memilih cushion yang tepat.

Sebelumnya untuk dipahami, ada beberapa tipe kulit sensitif. Dari pengalaman-ku kulit sensitif itu di bagi menjadi 3; dry-sensitive, combine-sensitive, sama oily-sensitive. Kalau dry sensitive itu biasa kalau udah gak cocok larinya ke kemerahan dan iritasi. Kulit jadi super kering hingga bisa mengakibatkan terkelupasnya kulit hingga rasa perih di kulit. Kalau oily sensitive, larinya ke jerawat meradang. Tapi kalau combine sensitive itu 50:50, ada bagian dimana kulitnya jadi super kering hingga iritasi, ada yang jadinya lari ke jerawat meradang gitu. Nah, kalau kulit aku lebih ke combine sensitive. Jadi buatnya kondisi kulitnya 11-12 sama kulitku, mungkin ini bisa jadi masukan yang bagus.

BB Cushion yang kusebut nanti akan aku urut dari awal pertama aku pakai sampai ke yang sekarang ini jadi pilihan terbaik-ku.

1. Etude House Precious Mineral Any Cushion
Waktu ini keluar dan jadi hits pada zamannya, langsung minta tolong teman di Korea sana titip beli. Hahaha. Karena ini termasuk pioneer produk cushion dulu, jadi hype banget bisa punya dan pakai. Tapi karena dulu juga udah pakai yang versi bb krimnya, pakai yang versi cushion-nya ini sedikit kecewa. Kualitasnya tidak sebaik versi tube-nya. Tapi untuk harganya, ini sudah cukup baik. Coverage-nya rendah ke sedang, buat yang punya jerawat, noda, atau kemerahan ini gak cukup nutupin. Cocok buat makeup sehari-hari, tapi untuk kulit kombinasi harus pakai bedak di tempat-tempat yang produksi oil berlebih karena sebum kontrolnya low. Hasilnya dewy dan cukup melembabkan seharian. Tapi kalau di pakai dari pagi, harus touch up siangnya kalau gak mau make up meleleh di sore hari. Dari 10 aku kasih nilai 6,5. Ini aku pakai sampai 2 kali pembelian.

2. Etude House Precious Mineral Any Cushion Pearl Aura
Kayaknya hampir semua cushion seriesnya Etude aku pernah coba. Nah ini aku beli out of curiousity aja karena dulu pernah coba nymph aura volumer itu memang bikin wajah jadi licin banget tapi yang kulitnya oily lebih baik menghindari ya soalnya nanti base makeup-nya gak nempel dikulit. Nah cushion ini sama yang sebelumnya sama aja, padahal spot putih-putihnya itu di klaim bikin glowing wajah lagi, tapi aku gak merasa ada perbedaan (di kulitku yah). Belum lagi makin sering di pakai pun spot putihnya itu lama terkontaminasi sama warna BB-nya, yang makin membuatku berfikir useless aja dia disana. Dari 10 aku kasih nilai 6,5 karena bener-bener gak ada bedanya sama cushion sebelumnya. Ini aku pakai hanya 1 kali pembelian.

3. Etude House Magic Any Cushion - Mint
Selanjutnya ada Magic Any Cushion. Untuk seri ini aku cuma sempet coba yang varian Mint. Kalau tidak salah dulu ada 3 varian warna yang tersedia; Peach untuk wajah yang lebih cerah, Pink untuk wajah pucat agar tampil merona, dan Mint untuk menyembunyikan kemerahan di wajah. Aku pilih yang mint karena kebetulan wajahku yang saat itu tengah menggunakan perawatan krim dokter lagi merah-merahnya terkelupas. Basically, cushion ini menyusung konsep colour correcting dan menargetkan hasil yang natural pada kulit wajah. Hasilnya ada sedikit perbedaan pada warna wajah, meski tidak menutupi banyak problem disana. Perannya lebih ke primer dan lebih bagus jika di timpa BB atau foundation di atasnya. Cushion ini tidak bikin kulit se-"kilang minyak" itu sebagai primer. Untuk yang punya kulit putih, bisa di pakai tanpa menambahkan BB cushion lagi untuk tampilan "no makeup" makeup look, tapi untuk yang kulitnya cenderung kecokelatan harus di netral-in dengan BB atau foundation dengan warna kulit kalian karena ini bikin kulit kalian putih aja. Putih tembok tanpa tone (you know what I mean).  Dari 10 aku kasih nilai 7, untuk kulitku formula cushion ini pretty calming.

4. Etude House AC Clean Up Mild BB Cushion
Dari semua jenis BB Cushion yang diproduksi Etude, ini yang paling lama aku pakai. Re-purchase berkali-kali karena suka. Kebetulan waktu itu juga aku lagi pakai skin care seri yang sama jadi sekalian. BB Cushion ini yang paling acne friendly di kulitku. Waktu di pakai ada sensasi dingin-dinginnya mungkin dari kandungan tea tree-nya. Cushion ini sukses dalam meratakan warna kulit dan meski coveragenya sedikit di bawah Precious Mineral Any Cushion, tapi semua cushion yang sudah ku sebut di nomor 1, 2, dan 3 buildable semua. Bedanya cushion ini lebih cepat menyerap di kulit di banding yang lain. Mungkin karena formula-nya yang acne friendly. Warna lebih condong ke yellow undertone, jadi kesannya sedikit lebih gelap di banding cushion etude yang lain. Gak bikin jerawat tambah parah kalau di pake tebel di aku plus keliatan banget dia oil control-nya lebih bagus dari yang sudah disebutkan di atas. Dari segi packaging sendiri dia lebih ramping jadi lebih handy dan gak menuh-menuhin tas. Aku nyaranin banget buat yang tipe kulitnya gampang jerawatan kalau pakai kosmetik. Dari 10 aku kasih nilai 7,5. Cushion ini aku pakai sampai 1,5 tahun lamanya, setia.

5. April Skin Magic Snow BB Cushion
April Skin Magic Snow BB Cushion aku beli pas lagi dia populer banget di Korea (Penonton setia get it beauty dan beauty bible). Langsung pesen kedua variannya, dulu cuma ada yang Black dan White. Black memberikan hasil yang lebih matte, sedangkan white lebih glowy. Awal pakai aku dibuatnya takjub dengan coverage dan ketahanannya. Top banget, medium to high coverage dan buildable! Tapi setelah di pakai beberapa kali, it turned out be the worst BB cushion for my skin. Kulit sensitifku langsung bereaksi, jadi perih-perih dan jerawat makin banyak dan meradang. Seketika langsung stop dan kembali ke AC Clean Up-ku. Beberapa teman yang pakai juga mengeluhkan hal yang sama, tapi di kulit Ibuku yang cenderung dry to normal cushion yang white bekerja dengan sangat baik. Kesimpulanku, cushion ini gak cocok buat yang punya kulit sensitif. Sangking parahnya dulu kulitku, sampai sekarang gak pernah terbesit untuk mencoba formula barunya. Dari 10 aku kasih nilai 3 lah soalnya coverage-nya memang bagus.

6. Etude House Real Powder Cushion
Cushion ini memberikan hasil akhir yang matte banget, mungkin karena rilisnya juga di targetkan untuk long lasting summer cushion. Coveragenya medium tapi gak buildable. Cushion ini dalam pengaplikasiannya harus cepet-cepet banget di blend karena teksturnya yang berubah powdery begitu kena kulit. Tahan lama, tapi untuk yang punya kulit kering jangan coba-coba. Karena kulitku cenderung kombinasi, di beberapa daerah yang kering itu makin membuat kulit terlihat gersang. Di jerawat pun dulu justru makin terlihat tekstur-nya. Mungkin untuk yang oily banget ini akan cocok dipakai apalagi buat outdoor activity yang merangsang minyak2 naik ke permukaan. Dari 10 aku kasih nilai 6.

7. The Face Shop Long Lasting CC Cushion - Monster Inc
Alasan beli ini pertama karena kemasannya yang menggemaskan. Seri ini sebenarnya menghadirkan 3 tipe CC Cushion, CC Cooling Cushion yang kalau gak salah kemasannya wajahnya Pooh, Long Lasting CC Cushion, dan BB Power Perfect Cushion yang kemasannya Mickey. Kenapa aku pilih yang CC Long Lasting? Jujur karena nonton acara Get It Beauty yang bilang kalau CC itu lebih friendly di kulit ketimbang BB dan dari ketiga cushion itu, cushion ini yang claim bisa control dan pore. Plus, untuk kulitku, aku lebih memilih yang hasil akhirnya cenderung matte ketimbang dewy. Hasilnya semua klaim Face Shop tentang cushion ini benar adanya. Coveragenya medium dan buildable, cocok untuk digunakan seharian. Juga gak memberikan reaksi buruk dikulitku, hanya saja under tone-nya terlalu kuning buat aku. Cushion ini tahan lebih lama dari cushion-cushion yang ku mention sebelumnya dan tidak terlalu kelihatan "dandan" banget terlepas dari warnanya yang terlalu kuning buat aku. Dari 10 aku kasih nilai 8.

8. Maybelline Super BB Cushion
Waktu produk ini keluar aku jujur excited banget buat nyoba, karena memang dari awal berkutat dengan make up Maybelline itu produk yang setia banget aku pakai sampai sekarang (terutama maskaranya). Nah waktu jaman aku pakai BB Cushion ini mukaku lagi gak karuan banget karena kebetulan lagi kerja dan seharian di ruangan ber-AC. Alhasil area bawah mata sekitar mulut dan kening itu kering minta ampun tapi sisanya berminyak banget plus jerawatan. Dari segi 'perawatannya' cushion ini gak bikin kondisi aku tambah parah. Coveragenya medium (tapi di lower side) dan buildable, cuman waktu itu butuh nambah concealer buat nutupin jerawat yang beranak itu. Pagi-pagi sehabis aplikasi keliatan bagus banget karena jatuhnya semi-matte, tapi setelah di pakai ke kantor belum sampai istirahat siang udah meleleh di wajah dan creasing di area yang kering, bikin keliatan tekstur kulitnya banget. Jadi perlu banget touch up. Cuman di temenku yang kulitnya cenderung normal hasilnya bagus. Dari 10 aku kasih nilai 7.

9. A'Pieu Air Fit BB Cushion
Kalau boleh jujur dari awal ini Cushion ter"B" yang pernah aku pakai. Apa maksudnya "B" karena cushionnya tidak memberikan efek apa-apa di kulitku. Teksturnya memang cenderung lebih cair dari cushion lain yang pernah ku coba jadi baru beberapa kali pake puff-nya udah belepotan dengan isinya. Coveragenya low/sheer, lebih berasa kayak pake tinted moisturizer karena watery banget. Instead of "meleleh" warnanya lebih terlihat menghilang setelah lama di pakai. Ini dewy banget jadi menurutku lebih cocok buat yg kulitnya cenderung kering. Tidak buildable karena semakin di taruh malah jadi licin dan lari-lari di wajah (you know what I mean). Dari 10 aku kasih nilai 4 dan gak berniat buat beli lagi.

10. Innisfree Long Wear Cushion
Wah, dah No. 10 aja. Okay jadi, waktu aku pakai ini, aku udah tinggal di China. Cushion ini hasilnya matte jadi harusnya cocok untuk yang kulitnya oily. Tapi pengalamanku? Okay, jadi di China itu udaranya kering banget dan ini ngefek banget ke kulit aku yang di beberapa bagian jadi super dry. Cushion ini justru makin memperlihatkan bagian-bagian kering di wajah jadi kesannya kayak kulitnya mengelupas. Untuk yang pori-pori wajahnya besar, meski cushion ini coveragenya medium to high, tapi pori-porinya tetap kelihatan pun kalau sudah pakai primer. Di jerawat juga malah makin kelihatan teksturnya, mungkin pengaruh cuaca juga. Jadi sebelum pakai harus menggunakan moisturizer yang super hydrating dulu. Tahan lama dan gak bikin gampang berminyak. Akan lebih cocok di gunakan di summer ketimbang winter. Dari 10 aku kasih nilai 7 karena mungkin akan cocok di pakai di Indonesia yang notabennya udaranya lembab.

11. Innisfree Essential CC Cushion
CC Cushion ini fungsinya hampir sama kayak "Etude House Magic Any Cushion" dengan konsep colour correcting. Kalau dulu yang Etude House aku pakai yang varian mint, yang innisfree ini aku pakai yang violet. Kenapa? Karena waktu itu kulit aku kondisinya udah mulai berubah ke normal. (Mungkin akan ku ceritakan di post lain tentang kisah perubahan kulit aku yang cukup drama). Karena mulai normal jadi kemerahannya dan jerawatnya sudah mulai binasa. Disitu aku berfikir untuk pakai cushion yang lebih ringan aja dan unni di store-nya nyaranin aku pakai yang violet biar warna kulitnya lebih cerah. Fungsinya lebih mirip tone up cream dan ringan banget. Jangan berharap lebih dari segi coverage, karena kalau ingin makeup yang lebih menutup harus di tambah foundation atau BB cream di atasnya. Cushion ini bekerja dengan baik sebagai primer dari long wear cushion di atas. Dari 10 aku kasih nilai 7.

12. Laneige BB Cushion Pore Control
Mungkin kalimat yang cocok menggambarkan Cushion ini adalah "Apalah arti barang mahal kalau tidak cocok di kulit". Aku pakai ini dulu karena di kasih temen, ceritanya dia beli 2 dan ternyata gak cocok di muka dia yang oily dan acne prone. Malah tambah parah. Nah karena kondisi mukaku yang membaik jadi aku memberanikan diri untuk mencoba (plus cushion mahal gratis, kapan lagi kan?). Pertama dari segi coverage-nya dia pas lah, tidak terlalu nutup banget tapi ya cukup meratakan warna kulit. Menutup pori? Yah gak juga. Hasilnya semi-matte, ada sensasi dingin-dingin basah sedikit ketika di pakai. Ringan di kulit, pokoknya Holy Grail banget awal-awal. Tapi setelah beberapa kali pemakaian, jerawat jadi muncul lagi. Gak separah waktu pakai April Skin, tapi karena waktu itu kulitku lagi kondisi membaik jadi langsung aku stop. Waktu tanya ke temen-temen yang pakai juga reaksi beragam sih ada yang sama kayak aku, ada yang cinta banget. Tapi setelah ku telusuri cushion ini lebih cocok untuk yang kulitnya normal bukan yang sensitif (personal opinion). Jadi kurang cocok aja di aku untuk harga segitu. Dari 10 aku kasih nilai 7.

13. Peripera Ink  Lasting Cushion
Cushion ini masuk ke jajaran TOP 3 di list cushion aku dan dia memang sebagus itu!! Teksturnya lebih creamy dan high coverage. Ini kalau di pakai langsung semua masalah kulit ketutup, bisa di layer tapi 1 saja sudah cukup. Hasilnya dewy seperti yang di iklankan dan lincin-licin gitu, tapi ini yang jadi perhatian. Cushion ini harus di lapisi bedak untuk bertahan lama, karena kalau cushionnya sendiri itu gak set di kulit dengan cepat. Gampang meleleh dan harus hati-hati kalau pakai baju atau kerudung putih karena transfer banget (makanya masih butuh bedak).  Mungkin lebih cocok untuk kulit yang super duper kering ya, dan lebih cocok untuk penggunaan indoor daripada outdoor karena dijamin akan meleleh dengan cepat tanpa bedak kalau di outdoor. Dari 10 aku kasih nilai 8.

14. Banila.co It Radiant Cover CC Cushion
Beli karena di iklanin Taeyeon di instagramnya, hahaha. Pertama beli dan coba, Oh Tuhan! Ini dia yang selama ini ku cari!!! Harus mulai dari mana mengatakannya, ini adalah Cushion yang harus kamu pertimbangkan untuk investasi duhai kawan2. Harga sedikit mahal, tapi ini worth to buy banget. CC yang coveragenya menyaingi BB. Kenapa cocok di kulit sensitif? Karena dia tekturnya ringan banget di wajah kayak gak pake make up. Moisturizing banget jadi yang kulitnya cenderung ke oily gak usah pakai banyak skin care sebelumnya. Cukup serum, primer, dan langsung CC ini. Buildable, bisa di pakai sampai 3-4 layer (tapi lebih baik di timpa bedak kalau di pakai setebel itu). Mencerahkan kulit banget tapi gak kayak pake topeng, dia akan menyatu dengan kulit. Semakin lama di pakai semakin terlihat natural. Ini adalah cushion yang gak akan segan-segan ku rekomendasiin ke temen-temen terdekatku. Dari 10 aku kasih nilai 9,5.

15. Moonshot Micro Settingfit Cushion
THIS IS MY HOLY GRAIL CUSHION!!! Nama lain cushion ini adalah Lisa Cushion, tapi aku beli bukan karena Lisa-nya. Waktu itu ceritanya lagi jalan-jalan santai di Myeongdong dan tiba-tiba nemu toko ini dan tertarik magnet YG langsung masuk ke sana. Ada 3 Cushion yang di tawarkan dan setelah konsul dengan Unni-unni yang jaga, cushion ini yang akan cocok dengan kulitku. Guys! This Cushion is Perfect! kecuali harganya yang memang mahal banget! Tapi semua yang aku cari di Cushion selama ini ada di dia plus udah aku tes pemakaiannya di China dan di Indonesia. Coverage-nya medium to high dan buildable banget. Cushion ini adalah satu-satunya cushion yang membuat concealer-ku jadi tidak berguna. Kantong mata, pori-pori, bekas jerawat ketutup semua TAPI tidak membuat kita terlihat pake topeng. Dia lebih ringan dari Banila.co CC Cushion di atas, bener-bener seperti tidak memakai apapun dan melembabkan dengan sangat pas. Hasilnya satin, kulit terlihat halus banget dan ini tahan lama loh! Sudah aku tes untuk kondangan! Ini mampu banget mengganti fungsi foundation! Totally transferproof dan dia anti meleleh club! Belum menemukan kekurang kecuali harganya yang mahal dan isinya yang kurang banyak! Dari 10 aku kasih nilai 10.

Finally, kalau mau di rangking dari atas cushion-cushion sudah ku review tadi jadinya:

  1. Moonshot Micro Settingfit Cushion
  2. Banilla.co It Radiant Cover CC Cushion
  3. Peripera Ink Lasting Cushion
  4. The Face Shop Long Lasting CC Cushion
  5. Etude House AC Clean Up Mild BB Cushion
  6. Maybelline Super BB Cushion
  7. Laneige BB Cushion Pore Control
  8. Innisfree Essential CC Cushion
  9. Etude House Magic Any Cushion
  10. Innisfree Long Wear Cushion
  11. Etude House Precious Mineral Any Cushion
  12. Etude House Precious Mineral Any Cushion Pearl Aura
  13. Etude House Real Powder Cushion
  14. A'Pieu Air Fit BB Cushion
  15. April Skin Magic Snow BB Cushion
Nah, bagaimana dengan pengalaman kalian? Kalau ada pengalaman berbeda dengan cushion-cushion di atas silahkan sharing. Atau ada rekomendasi BB Cushion lain untuk di coba terutama produk lokal karena aku belum pernah sentuh BB Cushion produk lokal sama sekali. Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat dan menambah informasi kalian semua ya. See you on the next post!!!



  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Sebanyak ituuuh :0 aku tunggu selalu tunggu kamu rilis pidio :3

    ReplyDelete