Summer in Seoul - 1 (Preparation and Tips)

By Zara - September 05, 2018



"Summer is when she smiles brighter"

It's has been a while since my last post. Yup, can't lie that I'm a bit struggling last semester. But, HEY!!, Summer was there to celebrate! At least that's what I thought. Ya, ku kira "I am born for summer", seengaknya aku tumbuh di negara ber-iklim tropis seperti Indonesia. Tapi aku salah, musim panas bisa jadi sangat menyiksa. Bisa bayangin berada di suhu 40 derajat ke atas selama 1 bulan? Tapi itu tidak mengurungkan niatku untuk pergi berlibur. Liburan ini, aku memilih KOREA sebagai destinasi wisataku (kebetulan tabungannya cukup untuk kesana 😁😁). Nah, jadi aku mau share pengalaman aku mulai dari persiapan sampai kegiatan yang aku lakukan disana. Post ini akan sangat cocok buat kalian yang mau liburan budget mahasiswa


Persiapannya gak butuh waktu lama kok, kemarin kurang lebih cuma 1 bulan nyiapin semuanya mulai dari visa. Syarat visanya juga cukup mudah, kemarin memang aku apply dari Korean Embassy di Dalian, tapi setelah cari-cari info syaratnya memang gak jauh berbeda. Syaratnya apa saja? Aku list di bawah :
  1. Bank account statement. Ini yang kebijakannya agak berbeda di setiap negara. Kalau aku di China kemarin di minta print rekening selama 6 bulan, tidak ada ketentuan minimal deposit. Tapi menurut temenku yang dulu pernah apply visa Korea di Indonesia, ada minimal jumlah uang di dalam rekening. 
  2. Travel plan. Termasuk bukti booking hotel, tiket pesawat, dan apa saja yang akan kamu lakukan selama disana.
  3. Student Card and Study Certificate. Kartu pelajar dan surat keterangan belajar kalau kalian masih mahasiswa. Kalau memang statusnya mahasiswa biasanya prosesnya lebih mudah karena lebih terjamin akan kembali lagi alias tidak akan menjadi imigran ilegal di Korea nantinya.
  4. A copy of residence permit. Ini khusus buat kalian yang apply-nya bukan di negara sendiri.
  5. Photo. Background putih dengan ukuran 3.5x4.5. Tapi waktu itu aku kumpulinnya 4x6 still okay.
Nah, setelah lengkap kira butuh waktu 7 hari kerja hingga visanya bener-bener jadi. Biaya yang dibutuhkan kemarin sekitar 700rb kalau di rupiahkan. Selain visa, jangan lupa check persiapan lain yang dibutuhkan:
  1. Tempat tinggal. Tipsnya biar murah, kalau travel bersama min 4 orang aku lebih saranin cari flat/ apartemen aja di AirBnB, tapi kalau kurang dari 4 orang lebih baik cari hostel aja. Tempat yang populer buat menginap itu di daerah Hongdae, Itaewon, Myeongdong. Kemarin kebetulan aku milih di Hongdae, karena kalau habis seharian ke tempat wisata lain, malamnya bisa santai menikmati street food  sama art performance di Hongdae.
  2. Tiket pesawat. Carilah semurah mungkin untuk meminimalisir pengeluaran, karena pengeluaran terbesar ada disana. Kalau dari Dalian setiap hari ada penerbangan murah, jadi kemarin Alhamdulillah tidak masalah. Tapi kalau dari Indonesia, kalau mau repot sedikit naik maskapai ke Malaysia/Singapura dulu, nah dari sana ke Korea pesawatnya jauh lebih murah dibanding dari Jakarta.
  3. Time Schedule. Nah, ini yang suka bikin liburan jadi runyam gara-gara alokasi tempat dan waktunya kurang baik. Tips dari aku, sebelum pergi, cari dulu list tempat-tempat yang wajib banget di kunjungi dan sort out sesuai dengan waktu yang kalian punya. Pastiin juga tempat yang mau di kunjungi dalam sehari jaraknya tidak dari Sabang sampai Merauke (jauh) ya, karena aku buang waktu di jalannya.
  4. Transportasi selama liburan. Kalau kalian memang pergi liburan dengan budget yang mepet, best option is to use public transportation. Kemarin selama di Korea aku selalu jalan, naik bis, atau metro/subway dan ini bikin hemat banget. Terus kalau naik bis di Korea jangan lupa pencet bel sebelum stasiun tempat kalian turun ya, kalau enggak bisnya gak akan berhenti (kebiasaan di China gak perlu pencet bel jadi sempet kelewatan halte). Jangan lupa beli T-Money buat naik bis dan subway-nya ya. Kemarin aku 5 hari disana isi 35,000 Won cukup banget.
  5. Wifi/ Mobile Data. Ini penting banget!!!! Karena kalian akan mengandalkan map untuk cari rute menuju tempat tujuan kalian. Nah, ini gak perlu pusing banget mikirinnya ataupun repot-repot cari provider di internet. Sesampainya kalian di Korea, akan ada banyak counter penyewaan wifi dan penjualan kartu di pintu kedatangan.
Tips lainnya buat yang kesana dengan niatan belanja, bawalah koper besar dengan isi yang diminimalisir. Handuk, sabun, shampo, gak usah di bawa is okay karena biasanya tempat penginapan sudah menyediakannya (tetep harus dipastikan dan di tanyakan dulu ke pemilik/ manajer tempat penginapannya, ya). 1 outfit per day is enough! Kalian gak akan ada waktu buat kembali ketempat penginapan di tengah acara jalan-jalan kalian, trust me! Kecuali kalau kalian jalan-jalannya emang ada niat lain buat pemotreatan fashion ala-ala ya. Nah, kalau kopernya agak lega nantinya bisa kalian masukin barang-barang belanjaan kalian atau oleh-oleh untuk mengurangi bawaan kabin kalian. Jujur, kalian pasti khilaf belanja (terutama) make-up dan skincare disana karenanya nyata harganya murah dan kualitasnya bagus.
My Holiday Team
Next post, di part 2 aku akan berbagi keseruan kita disana selama 5 hari 4 malam dan some useful information buat kalian yang juga mau holiday ala student ke Korea.


XOXO

ZaraπŸ’œ

  • Share:

You Might Also Like

0 comments